Otot Lurik, Otot Polos, & Otot Jantung

Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh (baik manusia maupun hewan) yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang.

Otot diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Otot berpengaruh terhadap pergerakan organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme.

Silakan simak penjelasan dari 3 otot tersebut berikut.

Otot Lurik (Striated Muscles)

Otot Lurik

Otot lurik adalah otot yang mempunyai tampilan lurik antara gelap dan terang yang berseling. Otot lurik terletak menempel pada bagian rangka manusia atau hewan sehingga otot ini sering disebut sebagai otot rangka.

Otot lurik terletak menyebar hampir di seluruh bagian tubuh manusia atau hewan. Otot lurik bekerja di bawah kesadaran, artinya otot ini digerakan secara sadar oleh manusia maupun hewan.

Otot ini mudah mengalami kelelahan karena adanya asam laktat yang menumpuk di sel otot lurik ini.

Contoh Otot Lurik : Otot betis, otot paha, otot perut, dan lengan.

Otot Polos (Smooth muscle)

Otot Polos

Otot polos masuk ke dalam kategori otot tak sadar atau refleks.

Otot polos merupakan otot yang jaringannya terbentuk dari sel-sel otot dan bentuk otot polos seperti gelendong, dimana kedua ujungnya meruncing serta bagian tengahnya menggelembung.

Otot polos membentuk lapisan pada alat-alat dalam tubuh, misalnya dinding usus, pembuluh darah, saluran kelamin, dan dinding rahim. Oleh karena itu, otot polos dikenal juga sebagai otot alat-alat dalam.

Otot polos bekerja tidak menurut perintah otak, sehingga otot polos disebut juga otot tak sadar (otonom).

Contoh Otot Polos : Otot lambung, otot usus, dan otot nadi

Otot Jantung (Cardiac muscle)

Otot Jantung

Otot jantung adalah otot yang membentuk jantung. Otot Ini merupakan jenis otot lurik dengan segmen berubah-ubah dari serat protein tebal dan tipis yang sering disebut miosin dan aktin masing-masing menyebabkan striasi ini.

Otot jantung berfungsi memompa jantung untuk mengedarkan darah keseluruh bagian tubuh.

Keistimewaan utama dari otot jantung adalah selalu menjalani proses kontraksi dan relaksasi tanpa tanpa henti karena pasokan yang sangat tinggi oksigen.

Otot-otot jantung terdiri dari sel-sel otot jantung yang sering disebut kardiomiosit. Dalam setiap kardiomiosit, ada satu atau dua inti, namun terkadang ditemukan tiga hingga empat inti dalam satu sel.

Contoh Otot Jantung : Otot jantung terdapat pada jantung

Perbedaan Antara Otot Lurik, Otot Polos, Otot Jantung

Perbedaan Otot Lurik Polos Jantung
PerbedaanOtot LurikOtot PolosOtot Jantung
LetakMenyusun otot yang melekat pada tulang rangkaMenyusun alat-alat dalam, contohnya dinding usus & pembuluh darahMenyusun otot pada dinding jantung
Bentuk SelSel bulat memanjang, ada banyak inti terletak di tepiUjung sel meruncing, terdapat 1 inti di tengahBulat memanjang dengan ujung bercabang, ada banyak sel terletak di tengah
Kontrol SarafOtot sadar (kontraksi dikontrol oleh sistem saraf sadar)Otot tak sadar (kontraksi tidak dikontrol oleh sistem saraf sadar)Otot tak sadar
Kecepatan ReaksiCepatLambatLambat
Sifat KerjaCepat lelahTidak cepat lelahTidak cepat lelah

Demikianlah pembahasan tentang otot lurik, otot polos, dan otot jantung, Semoga bermanfaat.

Pelajari Lebih Lanjut

Jaringan Otot

Tulang Atas dan Fungsinya

Respirasi Anaerob

Metamorfosis Kupu-Kupu

Kingdom Protista

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *